PROMO SPECIAL PRICE + FREE ONGKIR DI TAHUN 2019 UNTUK SEMUA PRODUK TALI KHUSUSNYA DIGITAL PRINT - KLIK DISINI

Macam Macam Mesin Cetak dan Fungsinya yang Paling Sering Digunakan

Bisnis di bidang percetakan memang seakan tidak pernah ada habisnya untuk dibahas. Teknologi dan alat-alat cetak pun kini semakin canggih dan berkembang pesat. Saat pergi ke tempat jasa percetakan, maka kita akan disuguhkan dengan pemandangan mesin cetak yang sangat beragam. Ada yang fungsinya hanya sebatas untuk mencetak gambar pada kertas, ada juga yang fungsinya digunakan untuk mencetak desain ukiran.

Macam Macam Mesin Cetak dan Fungsinya

Selama ini kita pasti tidak akan terlalu peduli dengan mesin cetak yang digunakan. Namun terlepas dari semua itu, penggunaan mesin cetak yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil cetakan yang berkualitas. Nah, penasaran bukan apa saja macam-macam mesin cetak dan fungsinya?? Yuk langsung saja simak uraian tali-lanyard.com.

4 Jenis Mesin Cetak Beserta Fungsinya

Macam-macam mesin cetak dan fungsinya kini hadir dengan sangat beragam, untuk mengetahuinya lebih dalam simaklah penjelasannya di bawah ini!

1. Mesin Digital Printing

Mesin Digital Printing

Hampir setiap jasa percetakan di indonesia sudah menggunakan mesin digital printing dalam setiap proses cetaknya. Mesin cetak ini termasuk salah satu teknologi terbaru yang memungkinkan proses cetak dilakukan secara otomatis tanpa adanya campur tangan manusia. Hadirnya mesin cetak digital ini membuat pamor mesin manual lama-lama menjadi hilang bahkan sudah jarang orang yang menggunakannya.

  • Fungsi Mesin Digital Printing 

Mesin cetak dengan teknologi canggih ini berfungsi untuk segala jenis kebutuhan. Biasanya digunakan untuk mencetak kalender, foto, brosur, banner dan lain sebagainya.

2. Flexography

Flexography

Jika mesin cetak digital printing digunakan untuk mencetak kertas berukuran standar, lain halnya dengan mesin flexography yang sering digunakan untuk mencetak kertas berukuran lebih tebal atau bertekstur agak kasar. Mesin cetak ini biasanya akan sangat dibutuhkan pada kegiatan produksi di dalam pabrik.

  • Fungsi Flexography

Dalam mengemas suatu produk, mesin cetak ini biasa digunakan pada kegiatan industri. Biasanya cocok untuk mencetak semua jenis media kertas atau bahan lainnya sesuai yang diinginkan. Mulai dari kantong plastik, karton, hingga karung semua bisa dicetak dengan praktis berkat mesin cetak flexography.

3. Mesin Cetak Offset

Mesin Cetak Offset

Mesin offset hampir sama dengan mesin cetak jenis digital printing. Yang menjadi perbedaan paling utama terletak pada kapasitas cetak di mana mesin offset biasanya mampu bekerja untuk jumlah cetak yang besar. Selain itu, harga percetakan dengan menggunakan mesin offset ini terbilang cukup terjangkau daripada jenis mesin lainnya.

  • Fungsi Mesin Cetak offset

Tidak berbeda jauh dengan mesin digital printing yang memiliki teknologi canggih, hanya saja terdapat perbedaan pada kapasitas cetak yang dihasilkan. Mesin cetak offset ini biasanya digunakan untuk menghasilkan cetakan dengan kapasitas yang cukup besar.

4. Gravure

gravure printing

Jika sebelumnya kita telah mengenal beragam jenis mesin cetak yang sering digunakan banyak orang. Mesin cetak gravure tidak digunakan untuk mencetak material sejenis kertas, para ahli desain interior ruangan biasanya menggunakan mesin ini untuk proses pembuatan ukiran.

  • Fungsi Mesin Gravure

Mesin cetak ini digunakan untuk proses pembuatan ukiran khususnya pada perlengkapan interior ruangan. Selain itu, mesin ini juga berfungsi untuk menampilkan hasil cetakan agar terlihat lebih tajam.

Dari macam-macam mesin cetak dan fungsinya yang sudah disebutkan di atas, maka Anda seharusnya sudah mengerti untuk menentukan mesin cetak mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Ingat ya, pemilihan jenis mesin yang tepat akan menentukan kualitas hasil cetakan. Jadi berhati-hatilah dalam memilih!!